::

Navbar Bawah



Halaman

Kamis, 15 Februari 2018

PEMBUATAN PGPR DAN APLIKASINYA PADA TANAMAN SAWI


LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI
PEMBUATAN PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTER (PGPR) DAN APLIKASINYA PADA TANAMAN SAWI


Dosen Pengampu :
Ir. Andang Andiani Listyowati, M.Si




Oleh :
Agung Cahya Budy
Alip Maryono
Aqib Nasirudin
Fabiana Mentari Putri Wijaya





















KEMENTERIAN PERTANIAN
BADAN PENYULUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN
SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN MAGELANG
JURUSAN PENYULUHAN PETERNAKAN
2018


            Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya, dapat diselesaikan laporan praktikum mata kuliah bioteknologi dengan judul Pembuatan Plant Growth Promoting Rhizobacter (PGPR) dan Apllikasinya pada Tanaman Sawi”.
Laporan ini sebagai hasil dari kegiatan praktikum pemmbuatan Mikroorganisme local (MOL) yang telah dilaksanakan tempo hari. Kesempatan kali ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada:
1.    Ir. Ali Rachman, M.Si selaku ketua STPP Magelang.
2.    Gatot Adiwinarto, S.Pt, M.Si. selaku ketua Jurusan Penyuluhan Peternakan
3.    Ir. Andang Andiani L., M.Si selaku dosen pembimbing
4.    Serta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan tulisan ini.
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih ada kekurangan, oleh karena itu diharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak, demi perbaikan dikemudian hari.
                                                               
           Magelang, 10 Januari 2018

                                                                                                                                                                                                                                                                      Penyusun










Pupuk di definisikan sebagai material yang ditambahkan ke dalam tanah atau melalui tajuk dengan tujuan untuk melengkapi ketersediaan unsur hara bagi tanaman sehingga dapat tumbuh dan berproduksi optimal. Ketersediaan masing-masing unsur tersebut di dalam tanah berbeda untuk setiap tanaman.
Tanaman membutuhkan sedikitnya 13 unsur hara untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Beberapa unsur hara berada dalam bentuk tersedia dalam semua jenis tanah, sedangkan unsure lainnya tidak tersedia, sehingga membutuhkan tambahan dari luar tanah dalam bentuk pemupukan. Unsur hara ini berperan sebagai nutrisi bagi tanaman, sedangkan system yang mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah substansi kimia yang konsentrasinya sangat rendah, yang disebut substansi pertumbuhan tanaman, hormon pertumbuhan tanaman (fitohormon), atau pengatur pertumbuhan tanaman, yang salah satunya adalah Plant Growth Promoting Rhizobacteria atau PGPR.
PGPR dapat meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman melalui : produksi hormon pertumbuhan dengan kemampuan fiksasi N untuk peningkatan penyediaan N tanah, penghasil osmolit sebagai osmoprotektan pada kondisi cekaman kekeringan dan penghasil senyawa tertentu yang dapat membunuh patogen tanaman. Selain itu juga mampu menyediakan beragam mineral yang dibutuhkan tanaman seperti besi, fosfor, atau belerang.
Pada umumnya tanaman hortikultura merupakan komoditas yang memiliki prospektif yang sangat baik untuk dikembangkan, karena memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi khususnya bagi para petani. Tanaman Hortikultura diataranya yaitu buah- buahan, obat-obatan, tanaman hias serta sayur-sayuran sepertu sawi.
Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassicayang kadang-kadang mirip satu sama lain. Di Indonesia penyebutan sawibiasanya mengacu pada sawi hijau     (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa) kelompok pekinensis, disebut juga petsai yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea) kelompok alboglabra adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia (Yudharta, 2009).
Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan praktikum mengenai bagaimana cara pembuatan PGPR dan aplikasinya pada tanaman sawi.

Tujuan praktikum ini yaitu untuk mengetahui cara pembuatan Plant Growing Promoting Rhizobacter (PGPR) serta aplikasinya pada tanaman sawi.

Manfaat yang diharapkan dari kegiatan praktikum ini yaitu mahasiswa mengetahui, mampu dan trampil mengenai cara pembuatan Plant Growing Promoting Rhizobacter (PGPR) serta aplikasinya pada tanaman sawi




PGPR atau Plant Growth Promoting Rhizobacteria atau Rhizobakteria Pemacu Pertumbuhan Tanaman (RPPT) merupakan spesies bakteri rizosfer (di sekitar perakaran) yang mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman. Bakteri tersebut hidupnya secara berkoloni menyelimuti akar tanaman. Bagi tanaman keberadaan mikroorganisme ini akan sangat menguntungkan. Kelompok bakteri PGPR ini yaituBacillus, Rhizobium dan Pseudomonas (Anonim1, 2012 dalam Sakti, 2013).
Bakteri ini memberi keuntungan dalam proses fisiologi tanaman dan pertumbuhannya. Fungsi PGPR bagi tanaman yaitu mampu memacu pertumbuhan dan fisiologi akar serta mampu mengurangi penyakit atau kerusakan oleh serangga. Selain itu, PGPR juga meningkatkan ketersediaan nutrisi lain seperti phospat, belerang, besi dan tembaga. PGPR juga bisa memproduksi hormon tanaman, menambah bakteri dan cendawan yang menguntungkan serta mengontrol hama dan penyakit tumbuhan(Anonim1, 2012 dalam Sakti 2013).
Bakteri pemacu tumbuh secara langsung memproduksi fitohormon yang dapat menginduksi pertumbuhan. Peningkatan pertumbuhan tanaman dapat terjadi ketika suatu rizobakterium memproduksi metabolit yang berperan sebagai fitohormon yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan tanaman. Metabolit yang dihasilkan selain berupa fitohormon, juga antibiotik, siderofor, sianida, dan sebagainya. Fitohormon atau hormon tumbuh yang diproduksi dapat berupa auksin, giberelin, sitokinin, etilen, dan asam absisat (Anonim1, 2012 dalam Sakti 2013).
Bakteri pemacu tumbuh secara tidak langsung juga menghambat patogen melalui sintesis senyawa antibiotik, sebagai kontrol biologis. Beberapa jenis endofitik bersimbiosis mutualistik dengan tanaman inangnya dalam meningkatkan ketahanannya terhadap serangga hama melalui produksi toksin, di samping senyawa anti mikroba seperti fungi Pestalotiopsis microspora, dan Taxus walkchiana yang memproduksi taxol (zat antikanker) (Anonim1, 2012 dalam Sakti 2013).
PGPR ini pertama kali diteliti oleh Kloepper dan Schroth tahun 1978. Mereka menemukan bahwa keberadaan bakteri yang hidup di sekitar akar ini mampu memacu pertumbuhan tanaman jika diaplikasikan pada bibit/benih. Tidak hanya itu, tanaman nantinya akan beradaptasi terhadap hama dan penyakit (Anonim2, 2011 dalam Sakti 2013).

Efek PGPR pada tanaman yang diiinokulasi dikelompokkan menjadi dua, yaitu: mendukung pertumbuhan tanaman dan pengendali secara biologis (biokontrol). Meskipun secara konseptual kedua efek ini sangat berbeda, dalam prakteknya sangat sulit bahkan hampir tidak mungkin untuk menentukan perbedaan dan batas antara keduanya. Strain PGPR Pseudomonas fluoresens dipilih untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil dari tanaman kentang, tetapi gagal mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang ditumbuhkan dalam kondisi gnotobiotic. Dan growth promotion yang terjadi pada kondisi tanah lapang berkaitan dengan reduksi populasi rizoplan asli, yaitu fungi dan bakteri (Gandanegara, 2007 dalam Sakti 2013).
Biokontrol pada beberapa kasus diperkirakan muncul akibat dari penyakit yang terbebaskan. Akar menunjukkan pemanjangan atau percabangan yang berlebih akibat perlakuan PGPR, dapat meloloskan infeksi dari fungi patogen asal tanah yang lebih mudah menginfeksi benih muda. Selain itu infeksi patogen yang terlokalisir dalam 1 area sistem perakaran mungkin diseimbangkan oleh suatu peningkatan global dalam biomassa akar sebagai kompensasi (Amalia, 2007 dalam Sakti 2013).
Menurut Amalia (2007) dalam Sakti (2013), biokontrol terhadap fitopatogen tampaknya menjadi mekanisme utama dari PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria). Penekanan fitopatogen merupakan hasil dari produksi metabolit sekunder atau datang pada tanaman dengan sendirinya sebagai sistem pertahanannya. PGPR berbasis inokula seharusnya dapat bersaing dengan mikroorganisme indigenous dan dengan efisien mendiami daerah perakaran tanaman untuk melindunginya.
            Berikut kelebihan dari PGPR (Desmawati, 2008 dalam Sakti 2013), diantaranya :
o  Menambah fiksasi nitrogen di tanaman kacang – kacangan
o  Memacu pertumbuhan bakteri fiksasi nitrogen bebas
o  Meningkatkan ketersediaan nutrisi lain seperti phospat, belerang, besi dan tembaga
o  Memproduksi hormon tanaman
o  Menambah bakteri dan cendawan yang menguntungkan
o  Mengontrol hama dan penyakit tumbuhan
Ada beberapa kekurangan dalam produksi PGPR ini (Desmawati, 2008), diantaranya :
·      Kekonsistenan pengaruh bakteri PGPR di laboratorium dengan di lapangan kadang – kadang berbeda.
·      Bakteri ini harus dapat diperbanyak dan diproduksi dalam bentuk yang optimum baik vialibilas maupun biologinya selama diaplikasikan di lapangan. Beberapa bakteri PGPR harus dilakukan re-inokulasi setelah diaplikasikan di lapangan seperti Rhizobia.
·      Tantangan lainnya berkaitan dengan regulasi / kebijakan suatu negara. Di beberapa negara kontrol terhadap produksi agens antagonis ini sangat ketat. Walaupun produk tersebut tidak berefek negatif pada manusia.

            Menurut Admin (2014) cara kerja PGPR dalam meningkatkan kualitas tanaman yaitu :
1.    Menekan Perkembangan penyakit (Bioprotectant) :
·      Induksi ketahaman secara sistemik terhadap hama dan patogen.
·      Produksi siderofor dan antibiotik terhadap patogen perakaran
·      Kompetisi nutrisi terhadap patogen perakaran
2.    Memproduksi fitohormon (BioStimulant) :
·      IAA (Indole Acetic Acid)
·      Sitokini
·      Giberelin
·      Penghambat produksi etilen
3.    Meningkatkan ketersediaan nutrisi bagi tanaman (Biofertilizer) :
·      Meningkatkan penyerapan dan pemanfaatan unsur N oleh PGPR pemfiksasi Nitrogen
·      Meningkatkan kemampuan pengambilan unsur besi oleh PGPR penghasil siderofor
·      Meningkatkan kemampuan penyerapan unsur S oleh PGPR pemfiksasi Sulfur
·      Menigkatkan ketersediaan P oleh PGPR pelarut Fosfat
·      Menigkatkan ketersediaan Mangan oleh PGPR pereduksi Mangan

Klasifikasi tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.), Kingdom: Plantae, Divisi : Spermatophyta, Subdivisi: Angiospermae, Kelas: Dicotyledonae, Ordo: Rhoeadales, Famili: Cruciferae, Genus: Brassica, Spesies: Brassica juncea L (Kloppenburg, 2008).
Morfologi tanaman sawi hijau (Brassica juncae L) yaitu termasuk jenis tanaman sayuran daun dan tergolong kedalam tanaman semusim (berumur pendek). Tanaman sawi tumbuh pendek dengan tinggi sekitar 26 cm-33 cm atau lebih, tergantung dari varietasnya. Tanaman sawi mempunyai daun panjang, halus, tidak berbulu, dan tidak berkrop, serta berakar serabut yang tumbuh dan berkembang secara menyebar, sehingga perakarannya sangat dangkal pada kedalaman 5 cm. perakaran tanaman sawi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur, subur, dan mudah menyerap air, dan kedalaman tanah (Solum tanah) cukup dalam. Tanaman sawi memiliki batang pendek yang berwarna keputih-putihan denng ukuran panjang 1,5 cm dan diameter 3,5 cm (Mandha, 2010).

Kondisi lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brassica juncae L) dapat memberikan hasil panen yang tinggi.  Sehingga dengan demikian untuk menunjang usaha tani sawi hijau yang berhasil, lokasi usaha tani harus memilki kondisi lingkungan yang sesuai seperti yang di kehendaki tanaman. Sebab, kecocokan keadaan lingkunan (iklim dan tanah) sangat menunjang produktifitas tanaman berproduksi. Hingga dewasa ini masih banyak di jumpai petani mengalami kegagalan panen atau memperoleh kuntungan yang rendah karena kurang memperhatikan keadaan lingkungan lokasi penanaman (Yudharta, 2010).
Tanaman sawi hijau (Brassica juncae L) dapat tumbuh baik di tempat yang berhawa panas maupun berhawa dingin, sehingga dapat diusahakan dari dataran rendah maupun dataran tinggi.  Meskipun demikian pada kenyataannya hasil yang diperoleh lebih baik di dataran tinggi.  Daerah penanaman yang cocok adalah mulai dari ketinggian 5 meter sampai dengan 1.200 meter di atas permukaan laut. Namun biasanya dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian 100 meter sampai 500 meter dpl. Tanaman sawi tahan terhadap air hujan, sehingga dapat di tanam sepanjang tahun. Pada musim kemarau yang perlu diperhatikan adalah penyiraman secara teratur. Berhubung dalam pertumbuhannya tanaman ini membutuhkan hawa yang sejuk. Lebih cepat tumbuh apabila ditanam dalam suasana lembab. Akan tetapi tanaman ini juga tidak senang pada air yang menggenang. Dengan demikian, tanaman ini cocok bila di tanam pada akhir musim penghujan. Tanah yang cocok untuk ditanami sawi adalah tanah gembur, banyak mengandung humus, subur, serta pembuangan airnya baik. Derajat kemasaman (pH) tanah yang optimumuntuk pertumbuhannya adalah antara  pH 6 sampai pH 7 (Margiyanto, 2010).

Pengolahan tanah secara umum melakukan penggemburan dan pembuatan bedengan. Tahap-tahap pengemburan yaitu pencangkulan untuk memperbaiki struktur tanah dan sirkulasi udara dan pemberian pupuk dasar untuk memperbaiki fisik serta kimia tanah yang akan menambah kesuburan lahan yang akan kita gunakan. Tanah yang hendak digemburkan harus dibersihkan dari bebatuan, rerumputan, semak atau pepohonan yang tumbuh. Dan bebas dari daerah ternaungi, karena tanaman sawi suka pada cahaya matahari secara langsung.Sedangkan kedalaman tanah yang dicangkul sedalam 20 sampai 40 cm. Pemberian pupuk organik sangat baik untuk penyiapan tanah. Sebagai contoh pemberian pupuk kandang yang baik yaitu 10 ton/ha. Pupuk kandang diberikan saat penggemburan agar cepat merata dan bercampur dengan tanah yang akan kita gunakan. Bila daerah yang mempunyai pH terlalu rendah (asam) sebaiknya dilakukan pengapuran. Pengapuran ini bertujuan untuk menaikkan derajat keasam tanah, pengapuran ini dilakukan jauh-jauh sebelum penanaman benih, yaitu kira-kira 2 sampai 4 minggu sebelumnya. Sehingga waktu yang baik dalam melakukan penggemburan tanah yaitu 2-4 minggu sebelum lahan hendak ditanam. Jenis kapur yang digunakan adalah kapur kalsit (CaCO3) atau dolomit (CaMg(CO3)2 (Rianto, 2009).
Pembibitan dapat dilakukan bersamaan dengan pengolahan tanah untuk penanaman. Karena lebih efisien dan benih akan lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungannya. Sedang ukuran bedengan pembibitan yaitu lebar 80-120 cm dan panjangnya 1-3 meter. Curah hujan lebih dari 200 mm/bulan, tinggi bedengan     20-30 cm. Dua minggu sebelum di tabur benih, bedengan pembibitan ditaburi dengan pupuk kandang lalu di tambah 20 gram urea, 10 gram TSP, dan 7,5 gram Kcl. Cara melakukan pembibitan ialah sebagai berikut : benih ditabur, lalu ditutupi tanah setebal 1-2 cm, lalu disiram dengan sprayer, kemudian diamati       3-5 hari benih akan tumbuh setelah berumur 3-4 minggu sejak disemaikan tanaman dipindahkan ke bedengan (Margiyanto, 2010).
Penanaman tanaman sawi dibedengan dengan ukuran lebar 120 cm dan panjang sesuai dengan ukuran petak tanah. Tinggi bedeng 20 – 30 cm dengan jarak antar bedeng 30 cm, seminggu sebelum penanaman dilakukan pemupukan terlebih dahulu yaitu pupuk kandang 10 ton/ha, TSP 100 kg/ha, Kcl 75 kg/ha. Sedang jarak tanam dalam bedengan 40 x 40 cm , 30 x 30 dan 20 x 20 cm. Pilihlah bibit yang baik, pindahkan bibit dengan hati-hati, lalu membuat lubang dengan ukuran 4-8 X 6-10 cm (Rianto, 2010).
Pemeliharaan merupakan hal yang penting. Sehingga akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan didapat. Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah penyiraman, penyiraman ini tergantung pada musim, bila musim penghujan dirasa berlebih maka kita perlu melakukan pengurangan air yang ada, tetapi sebaliknya bila musim kemarau tiba kita harus menambah air demi kecukupan tanaman sawi yang kita tanam. Bila tidak terlalu panas penyiraman dilakukan sehari cukup sekali sore atau pagi hari. Tahap selanjutnya yaitu penjarangan, penjarangan dilakukan 2 minggu setelah penanaman. Caranya dengan mencabut tanaman yang tumbuh terlalu rapat.  Selanjutnya tahap yang dilakukan adalah penyulaman, penyulaman ialah tindakan penggantian tanaman ini dengan tanaman baru. Caranya sangat mudah yaitu tanaman yang mati atau terserang hama dan penyakit diganti dengan tanaman yang baru. Penyiangan biasanya dilakukan 2-4 kali selama masa pertanaman sawi, disesuaikan dengan kondisi keberadaan gulma pada bedeng penanaman. Biasanya penyiangan dilakukan 1 atau 2 minggu setelah penanaman. Apabila perlu dilakukan penggemburan dan pengguludan bersamaan dengan penyiangan. Pemupukan tambahan diberikan setelah 3 minggu tanam, yaitu dengan urea 50 kg/ha. Dapat juga dengan satu sendok teh sekitar 25 gram dilarutkan dalam 25 liter air dapat disiramkan untuk 5 m bedengan  (Kloppenburg, 2008).



            Praktikum pembuatan PGPR dilaksanakan pada Bulan November 2017 di Laboratorium Nutrisi Kampus STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan, Jl. Raya Magelang – Kopeng Km 07, Tegalrejo, Magelang.

1.    Alat
Alat yang dipakai dalam kegiatan praktikum ini yaitu : ember beserta tutupnya sebagai tempat pembuatan starter, cangkul untuk mencari akar bambu, Timbangan, Botol, Bak plastik, Selang plastik, Gunting, Tali karet, Penyaring, Panci, kompor, pancis, sendok, dan alat penyaring.

2.    Bahan
Bahan yang digunakan antara lain : akar bamboo sebanyak setengah ember, bibit tanaman sawi, aquadest, polybag, media tanah, Terasi 10 gr, Bekatul 150 gr, Gula  pasir 10 gr, Kapur mati 1 gr, dan Air 1 liter
.
1.    Pembuatan Biang PGPR
  1. Akar bambu diambil berasal dari bambu yang berumur tua, rimbun dan sehat.
  2. Akar diambil dengan cara menggali tanah sedalam 5-20 cm disekitar tanaman bambu.
  3. Tanah yang lengket pada akar bambu dibersihkan dengan cara mengibas-ngibaskan dan tidak dicuci dengan air.
  4. Akar dikumpulkan dan kedalam ember plastik (sebanyak ½ ember).
  5. Melakukan pengisian air aqudes kedalam ember yang berisi akar bambu sampai terlihat macak-macak, agar bakteri yang berguna masuk kedalam air.
  6. Melakukan penutupan pada permukaan ember untuk inkubasi selama 1-3 hari
  7. Melakukan penyaringan untuk mendapatkan air yang berisikan bakteri yang diharapkan, kemas dalam botol. Biang PGPR sudah dapat untuk diperbanyak.

2.    Perbanyakan PGPR
  1. Semua bahan dilakukan proses disterilkan/ direbus.
  2. Lakukan penyaringan setelah bahan rebusan dingin.
  3. Pemberian biang PGPR  1 sendok makan  kedalam bahan yang telah dilakukan penyaringan.
  4. memasukan kedalam fermentor sederhana.
  5. Jika proses fermentasi benar maka suhu akan naik dan akan muncul gelembung-gelembung udara pada permukaan dan harum mirip bau tapai. Lama fermentasi 3 hari sudah siap untuk digunakan

3.    Aplikasi PGPR pada Tanamn Sawi
a.       Untuk perendaman benih 2 sendok makan per liter air, benih direndam selama 6 jam, penirisan dan dapat disemaikan.
b.      Untuk bibit tanaman 1 sendok makan per liter air disiramkan kemedia tanah sebelum tanam pada tanaman (1 minggu sekali).

            Cara bertanam sawi sesungguhnya tak berbeda jauh dengan budidaya sayuran pada umumnya.budidaya konvensional dilahan meliputi:
1.    Pengolahan lahan
2.    Penyiapan benih
3.    Teknik penanaman
4.    Penyediaan pupuk dan pestisida
5.    Serta pemeliharaan tanaman
            Sedangkan menanam benih sawi ada yang secara langsung tetapi ada yang secara langsung tetapi ada juga melalui pembibitan terlebih dahulu.
            Langkah-langkah yang ilakukan yaitu :
1.    Siapkan tanah yang bekas bakar-bakaran/dari pupuk dari kandang
2.    Siapkan benih bibit sawi
3.    Lalu masukan tanah yang sudah disiapkan kedalam pot
4.    Masukan benih bibit sawi dan tunggu sampai 3-4 hari sawi itu tumbuh.
5.    Setelah tumbuh sampai 1-2 minggu sawi itu bisa dipindahkan kedaam polibag/tanah yang sudah di siapkan dan beri pupuk kandang,siram pagi dan sore hari agar sawi itu subur dan membesar.
            Pemeliharaan adalah hal yang penting sehingga akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan didapat.pertama-tama yang harus diperhatikan adalah penyiraman,penyiraman ini tergantung pada musim,bila musim penghujan dirasa berlebih maka kita perlu melakukn pengurangan pada air tersebut,tetapi sebaliknya bila musim kemarau tiba kita harus menambah air demi kecukupan tanaman sawi yang kita tanam.penyiraman dilakukan sehari cukup sekali mau sore atau pagi hari.



Hasil aplikasi PGPR pada tanaman sawi dilakukan pengamatan jumlah daun dan tinggi tanaman sawi  dengan 2 perlakuan. Data jumlah daun ditampilkan dalam Tabel 1 berikut.
1.      Jumlah Daun Tanaman Sawi
Tabel 1. Hasil Pengamatan Jumlah Daun Tanaman Sawi
Perlakuan
Polybag 
Pengamatan  (cm)
Rata –rata / polybag
(cm)
15
25
35
1
(kontrol)
A
3
4
6
4,3
B
3
5
6
4,6
C
4
5
6
5
D
3
4
5
4
E
3
4
5
4
Rata -rata



4,4
2
(10ml/liter)
F
3
5
8
5,3
G
4
7
10
7
H
3
6
9
6
I
3
7
11
7
J
4
6
7
5,6
Rata -rata



6,2
Sumber : Data Terolah
            Berdasarkan Tabel 1 dapat diketahui bahwa perlakuan pertama dengan penambahan PGPR dengan dosis 0 ml/liter pada tanaman sawi  memiliki  jumlah daun rata-rata 4,4 lembar. Sedangkann perlakuan kedua dengan penambahan PGPR sebnyak 10 ml/liter memiliki  jumlah daun yang lebih banyak yaitu  rata-rata 6,2 lembar. Dimana pengamatan tersebut hanya dilakukan sampai tanaman berumur 35 hari, yaitu dilakukan pengamatan pada umur 15, 25, 35 hari.
2.        Tinggi Tanaman Tanaman Sawi
            Praktikum yang dilakukan dengan perlakuan kontrol (tanpa penambahan PGPR) dan perlakuan kedua adalah sawi yang diberi tambahan PGPR sebanyak (10ml/liter). Hasil pengamatan tinggi tanaman Sawi ditampilkan dalam Tabel 2.

Tabel 2. Hasil Pengamatan Tinggi  Tanaman Sawi
Perlakuan
Polybag 
Pengamatan (cm)
Rata –rata / polybag
(cm)
15
25
35
1
(kontrol)
A
4,2
6,3
10,6
7,03
B
5,0
7,5
13,4
8,63
C
3,3
7,1
13,4
7,93
D
5,5
8,5
15,5
9,83
E
4,4
9,3
14,8
9,50
Rata -rata



8,59
2
(10ml/liter)
F
4,3
7,6
15,5
9,13
G
7,2
10,4
14,4
10,67
H
5,3
9,7
17,7
10,90
I
6,7
8,3
16,3
10,43
J
5,2
9,8
17,9
10,97
Rata -rata



10,42
Sumber : Data Terolah
            Berdasarkan Tabel 2 dapat diketahui bahwa perlakuan control (tanpa penambahan PGPR) selama tiga kali pengamatan diperoleh hasil rata-rata tinggi tanaman yaitu 8,59 cm. Sedangkan rata-rata pertumbuhan pada perlakuan yang diberikan tambahan PGPR yaitu sebesar 10,42 cm.



            Berdasarkan praktikum yang telah dilaksanakandapat disimpulkan bahwa penambahan PGPR untuk menyirami tanaman sawi dapat memperbaiki kualitas tanaman sawi. Hal ini dibuktikan selama tiga kali pengamatan yaitu umur 15, 25, dan 35 hari tanaman sawi yang diberi PGPR lebih banyak jumlah daunnya serta memiiki rata-rata pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa penambahan PGPR.
            Diharapakan bagi petani yang ingin menanam sawi dapat menggunakan  penambahan PGPR untuk memicu pertumbuhan tanaman sawi tersebut. Selain mudah dalam membuat dan mengaplikasikan juga PGPR ini merupakan bahan alami


Admin. 2014. Cara Mudah Membuat PGPR dari Akar Bambu. Diakses Tanggal 13 Januari 2018. http://seratlontar.blogspot.co.id/2014/01/cara-mudah-membuat-pgpr-dari-akar-bambu.html

Sakti. 2013. Praktikum Pembuatan Plant Growing Promoting Rhizobacter (PGPR). Fakultas Pertanian Uniersitas Hasanuddin, Makassar

Haryanto, E, Suhartini, T dan Rahayu, E. 1995. Sawi dan Selada.  Penebar Swadaya. Jakarta. 

Kloppenburg, 2008. Petunjuk Lengkap mengenai Tanam-tanaman di Indonesia dan Khasiatnya sebagai Obat-obatan Tradisional.  Yayasan Dana Sejahtera. Yogyakarta

Margiyanto, 2010.   Alam Ilmu Pengetahuan . Jakarta.  Grafindo.  Jakarta

Rianto, 2009. Cara Menanam Sawi. http://tips-cara-menanam-sawi.htmDiakses pada tanggal 10 Januari 2018)

Yudharta, 2010.  Pertumbuhan Tanaman Sawi .  UGM.  Yokyakarta

Suprijadi, 2009.  Budidaya Tanaman Sawi .  Erlangga.  Jakarta




0   komentar

Cancel Reply
INFO

WELCOME

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini... semoga blog ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.. " Tak ada gading yang tak retak " kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan.. Terima kasih atas kunjungan anda :D

[ About Me ]

Nama : Agung Cahya Budy

Umur : 20 Tahun

Instagram : agung_cb

Whatsapp : 085 743 800 806

Pin BBM : 587610E8