::

Navbar Bawah



Halaman

Sabtu, 17 Maret 2018


MAKALAH

PERANAN ETIKA DALAM BERKEHIDUPAN DI KAMPUS



Dosen Pengampu: Dr. Ir. Zainal Arifin, MS



Oleh:
Agung Cahya Budy
06 2 4 14 515











KEMENTERIAN PERTANIAN
BADAN PENYULUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM PERTANIAN
SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN MAGELANG
JURUSAN PENYULUHAN PETERNAKAN
2018


PRAKATA

                Puji syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya, dapat diselesaikan makalah dengan judul “Peranan Etika dalam Berkehidupan di Kampus”.
Makalah ini disusun sebagai tugas mata kuliah etika penyuluhan pertanian dengan harapan dapat bermanfaat bagi pembaca dan penyusunnya. Kesempatan kali ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada:
1.    Ir. Ali Rachman, M.Si selaku ketua STPP Magelang.
2.    Gatot Adiwinarto, S.Pt, M.Si. selaku ketua Jurusan Penyuluhan Peternakan
3.    Dr. Ir. Zainal Arifin, MS selaku dosen Pembimbing
4.    Serta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan tulisan ini.
Penyusun menyadari bahwa proposal ini masih ada kekurangan, oleh karena itu diharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak, demi perbaikan dikemudian hari.
                                                                           Magelang, 12 Februari 2018

                                                                                                                                                                                                                                                                     Penyusun





DAFTAR ISI









I.         PENDAHULUAN

Universitas adalah intitusi pendidikan yang didalamnya kita tidak hanya disuguhkan dengan berbagai macam mata kuliah yang dikhususkan dalam golongan fakultas tertentu. Kita sering menyebut tempat dimana kita berkuliah ini dengan sebutan kampus. Disana kita belajar untuk bersosialisasi dan menjadi calon – calon intelek yang santun dan dewasa. Namun sering kali karna mungkin terbawa oleh kebiasaan atau pengaruh dari pergaulan dan ketidak mampuan untuk mengendalikan diri dalam bergaul dengan teman teman dikampus kita menjadi tidak cukup pintar dalam menempatkan diri dengan etika bergaul yang baik.
Memang setiap orang memiliki kebebasan untuk melakukan hal sesuka hatinya tapi perlu diingat bahwa dalam menjalani hidup, kita tidak hanya hidup seorang diri, kita hidup berdampingan dengan orang lain dimana kita pun secara tidak langsung berkewajiban menjaga perasaan orang, dan membuat orang lain  menjadi nyaman dengan tingkah laku kita. Hal semacam inilah yang dinamakan etika bergaul.
Mahasiswa yang pada dasarnya pelaku di dalam pergerakan pembaharuan yang akan menjadi generasi-generasi penerus bangsa dan membangun bangsa dan tanah air ke arah yang lebih baik yang dituntut untuk memiliki etika. Etika bagi mahasiswa dapat menjadi alat kontrol di dalam melakukan suatu tindakan. Etika dapat menjadi gambaran bagi mahasiswa dalam mengambil suatu keputusan atau dalam melakukan sesuatu yang baik atau yang buruk. Oleh karena itu, makna etika harus lebih dipahami kembali dan diaplikasikan di dalam lingkungan mahasiswa yang relitanya lebih banyak mahasiswa yang tidak sadar dan tidak mengetahui makna etika dan peranan etika itu sendiri.
Maka dari itu, di pembahasan selanjutkan akan di bahas secara mendalam bagaimana peranan etika dalam berkehidupan mahasiswa di kampus dan bagaimana membangun etika baik dalam lingkungan mahasiswa mahasiswa itu sendiri.
            Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu:
1.    Apakah yang dimaksud dengan etika?
2.    Apa pengertian mahasiswa?
3.    Apa saja etika dalam kehidupan di kampus?
4.    Bagaimana contoh etika mahasiswa yang baik?
5.    Apa peranan etika dalam berkehidupan di kampus?

            Tujuan yang diharapkan yaitu:
1.    Mengetahui pengertian etika.
2.    Mengetahui pengertian mahasiswa.
3.    Mengetahui etika dalam kehidupan di kampus.
4.    Mengetahui contoh etika mahasiswa yang baik.
5.    Mengetahui peranan etika dalam berkehidupan di kampus.



II.      Hasil dan Pembahasan

Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq; nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat. (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1989 dalam Abbas, 2014).
Etika adalah suatu ilmu yang membahas tentang bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu ajaran moral tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan berbagai ajaran moral.(Suseno, 1987 dalam Abbas, 2014).
Menurut Fachri (2015) etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq); kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq, nilai mengenai nilai benar dan salah, yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
Etika berasal dari bahasa Yunani kuno. Kata Yunani ethos dalam bentuk tunggal mempunyai banyak arti yaitu tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang; kebiasaan, adat; akhlak, watak; perasaan, sikap, cara berpikir. Jadi, etika adalah nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Etika tidak sama dengan etiket, “Etika” berarti “moral” dan “Etiket” berarti “sopan santun” (Tommy, 2014).
Menurut Santoso (2014) dari segi etimologi, etika berasal dari bahasa Yunani,ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat. Dalam kamus umum bahasa Indonesia, etika diartikan ilmu pengetahuan tentang azaz-azaz akhlak (moral). Dari pengertian kebahasaan ini terlihat bahwa etika berhubungan dengan upaya menentukan tingkah laku manusia. Adapun arti etika dari segi istilah, telah dikemukakan para ahli dengan ungkapan yang berbeda-beda sesuai dengan sudut pandangnya. Menurut para ulama’ etika adalah ilmu yang menjelaskan arti baik dan buruk, menerangkan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia, menyatakan tujuan yang harus dituju oleh manusia di dalam perbuatan mereka dan menunjukkan jalan untuk melakukan apa yang seharusnya diperbuat.

Mahasiswa adalah sekumpulan manusia intelektual yang akan bermetamorfosa menjadi penerus tombak estafet pembangunan di setiap negara, dengan itelegensinya diharapkan bisa mendobrak pilar-pilar kehampaan suatu negara dalam mencari kesempurnaan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta secara moril akan dituntut tanggung jawab akdemisnya dalam menghasilkan buah karya yang berguna bagi kehidupan lingkungan (Fachri, 2015)
Mahasiswa sebagai pelaku utama dan agent of exchange dalam gerakan-gerakan pembaharuan memiliki makna yaitu sekumpulan manusia intelektual, memandang segala sesuatu dengan pikiran jernih, positif, kritis yang bertanggung jawab, dan dewasa. Secara moril mahasiswa akan dituntut tangung jawab akademisnya dalam menghsilkan “buah karya” yang berguna bagi kehidupan lingkungan (Tommy, 2014).
Edward Shill dalam Tommy (2014) mengkategorikan mahasiswa sebagai lapisan intelektual yang memiliki tanggung jawab sosial yang khas. Shill menyebutkan ada lima fungsi kaum intelektul, yakni mencipta dan menyebar kebudayaan tinggi menyediakan bagan-bagan nasional dan antar bangsa, membina keberdayan dan bersama mempengaruhi perubahan sosial dan memainkan peran politik.
Berbicara tentang hak dan kewajiban, seorang mahasiswa terlebih dahulu harus melaksanakan kewajibannya dan kemudian mendapatkan haknya sebagai seorang mahasiswa. Mahasiswa sebagai kelompok terpenting dalam sebuah masyarakat memiliki kewajiban yaitu menuntut ilmu, menguasai ilmu dengan sungguh-sungguh agar menjadi seorang yang berguna yang mengaplikasikan atau mengembangkan disiplin ilmunya bagi lingkungan tempat dimana ia tinggal, mematuhi peraturan yang berlaku, sebuah perturan yang tidak menyimpang dari ketetapan hukum-hukum Allah dan nilai-nilai, norma-norma yang ada, selain itu mahasiswa juga harus memainkan peranan penting sebagai pencetus perubahan dan revolusi (Tommy, 2014).

            Etika kampus adalah ketentuan atau peraturan yang mengatur perilaku/atau tata krama yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa Ubaya. Menurut Tommy (2014), etika kampus meliputi 2 hal penting yaitu ketertiban dan tata krama.
1.    Ketertiban
            Kampus Ubaya merupakan tempat belajar mengajar sebagai tempat berlangsungnya misi dan fungsi perguruan tinggi. Dalam rangka menjaga kelancaran fungsi-fungsi tersebut, Ubaya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengembangkan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, memerlukan penyatuan waktu kegiatan beserta ketentuan-ketentuan di dalam kampus, antara lain:
a.    Ketentuan Umum
1)   Semua kegiatan yang membawa nama atau terkait dengan unstitusi Ubaya harus seijin Rektor.
2)   Kegiatan di dalam Kampus Ubaya hanya dapat berlangsungnya antara pukul 06.00 WIB. sampai dengan pukul 22.00 WIB;
3)   Kegiatan diluar waktu yang telah ditentukan, atau pada hari libur dan hari besar harus seijin Rektor Ubaya yang wewenangnya dapat dilimpahkan kepada Wakil Rektor.
4)   Mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau tugas-tugas lainnya yang memerlukan waktu di luar ketentuan harus menunjukkan rekomendasi dari :
a)      Wakil Rektor I melalui ketua jurusan/atau Wakil Dekan untuk tugas-tugas akademik/kurikuler;
b)      Wakil Rektor II melalui Wakil Dekan /Kepala Biro Pelkam untuk kegiatan kokurikuler/ekstrakurikuler;
c)      Wakil Rektor II melalui Wakil Dekan atau kepala unit terkait untuk urusan Umum.
5)   Pengaturan serta pengawasan pemberian ijin dilakukan oleh keamanan kampus serta pimpinan unit kerja yang bersangkutan.
b.   Penggunaan Nama dan Lambang UBAYA
            Penggunaan nama dan lambang Ubaya harus sesuai dengan misi dan tujuan Ubaya dalam pelaksanaan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi; Organisasi atau lembaga di lingkungan Ubaya diwajibkan menggunakan nama dan atau lambang Ubaya sebagai bagian dari nama organisasi atau lembaga tersebut;
            Termasuk dalam pengertian organisasi atau lembaga pada butir 2 adalah :
1)   Perangkat kelengkapan organisasi sebagaimana ditentukan dalam Struktur Organisasi Ubaya;
2)   Organisasi Kemahasiswaan sebagaimana ditetapkan dalam keputusan Rektor;
3)   Panitia atau lembaga lain yang dibentuk atau diberi izin oleh Rektor
c.    Atribut
Warga kampus berkewajiban berbusana sesuai dengan acara kegiatan di kampus, antara lain :
1)   Kuliah/ujian/ke kantor administrasi (menghadap dosen) dan konsultasi, diwajibkan memakai pakaian yang sopan, rapi, dan bersepatu;
2)   Praktikum, diwajibkan menggunakan pakaian yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
3)   Olahraga, diwajibkan menggunakan pakaian olahraga;
4)   Jaket almamater, diwajibkan dipakai pada kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh lembaga kemahasiswaan dan/atau Fakultas dan/atau Universitas.
d.   Kebersihan Lingkungan Setiap warga kampus
1)   Harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan fisik, baik bangunan, ruang terbuka dan infrastruktur yang berada di lingkungan kampus Universitas Surabaya;
2)   Tidak diperbolehkan membuat tulisan-tulisan atau coretan-coretan pada dinding bangunan, pagar, atau asesoris-asesoris ruang terbuka lain di lingkungan kampus;
3)   Memelihara, menata dan membersihkan kembali ruang-ruang dan barang-barang yang telah selesai digunakan untuk setiap kegiatan kampus;
4)   Harus senantiasa memelihara menata serta menjaga kelestarian, taman-taman yang ada dilingkungan kampus.
5)   Membuang sampah/kotoran pada tempat sampah yang telah disediakan;
e.    Keamanan dan Kenyamanan
1)   Keamanan dan kenyamanan kampus adalah kondisi lingkungan kampus yang mampu memberikan rasa tenteram secara fisik maupun psikis bagi warga kampus. Setiap warga kampus wajib ikut menciptakan, memelihara menjaga kelangsungan kondisi kampus yang tenteram, antara lain:
2)   Mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta memperhatikan sopan santun berlalu lintas dalam lingkungan kampus;
3)   Melaporkan atau memberitahukan serta mengingatkan apabila melihat dan atau mengetahui kondisi-kondisi yang diperkirakan dapat menimbulkan gangguan keamanan kenyamanan, ketertiban dan ketenteraman kampus;
4)   Menempatkan kendaraan pada tempat parkir yang disediakan
2.    Tata Krama
                Tata krama merupakan kebiasaan sopan santun dalam lingkungan pergaulan antara warga kampus Universtas Surabaya yang selalu menuntut tingkah laku terhormat. Ruang lingkup tata krama kehidupan kampus meliputi hubungan antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan karyawan. Sesama warga kampus diharapkan saling menghormati yang santun sehingga warga kampus dihimbau untuk:
a.    Menggunakan tata krama yang layak dan berlaku dalam bermasyarakat, baik dalam pembicaraan tatap muka maupun pembicaraan melalui sarana komunikasi (telepon atau surat);
b.    Memperhatikan toleransi antar umat beragama, menghindari tindakan yang bisa mengundang perkara-perkara berbau SARA (Suku, Agama, Ras, Antara golongan, daerah) maupun gender;
c.    Menjunjung tinggi tata nilai (core values). Tata nilai tersebut meliputi : ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kejujuran, keterbukaan kerendahan hati, kreatif, keberanian memperjuangkan kebenaran, berintegritas, kepedulian terhadap nilai kemanusiaan dan kesadaran mewujudkan visi.

            Berikut etika baik yang sudah seharusnya diterapkan mahasiswa dalam lingkungan kampus (Tommy, 2014) :
a.       Berpakaian rapi dan sopan
b.      Melakukan peraturan yang berlaku
c.       Member contoh yang baik dalam berperilaku
d.      Saling menghormati
e.       Berperilaku dan bertutur kata yang sopan
1.    Hubungan dengan dosen
a.       Menyapa dosen ketika bertemu
b.      Menghadap dosen dengan sopan ketika ada keperluan
c.       Bertanya / mengemukakan pendapat dengan baik
d.      Bertemu di rumah dosen dengan sopan
e.       Membenahi kelas agar tercipta kenyamanan saat proses pembelajaran
f.        Disiplin dalam ruangan
g.      Kehadiran dalam kelas, tidak pernah bolos atau tidak hadir tanpa keterangan
h.      Kegiatan pada jam istirahat, menggunakan jam istirahat sebagaimana mestinya dengan efektif dan efesien.
2.    Hubungan mahasiswa dengan mahasiswa
a.       Membangun saling percaya antar rekan mahasiswa
b.      Komitmen dan disiplin yang bersifat terbuka, dan mau menerima pendapat rekan mahasiswa lainnya
c.       Saling berbagi informasi
d.      Saling member dukungan dengan cara elegant dan gentle
e.       Mau menerima rekan dengan tulus yang mau bersahabat
f.        Terampil mengelola situasi konflik menjadi situasi problem solving
g.      Menganggap rekan mahasiswa sebagai mitra belajar bukan saingan
h.      Selalu menyapa rekan mahasiswa (junior-senor)
i.        Saling mengingatkan ketika ada tugas
j.        Member komentar secara objective dan positif
k.      Tidak memfitnah
l.        Melakukan pergaulan secara wajar dengan menghormati nilai-nilai agama, kesusilaan, dan kesopanan.
Etika memiliki peranan atau fungsi diantaranya yaitu (Tommy, 2014):
1.    Dengan etika seseorang atau kelompok dapat menegemukakan penilaian tentang perilaku manusia.
2.    Menjadi alat kontrol atau menjadi rambu-rambu bagi seseorang atau kelompok dalam melakukan suatu tindakan atau aktivitasnya sebagai mahasiswa.
3.    Etika dapat memberikan prospek untuk mengatasi kesulitan moral yang kita hadapi sekarang.
4.    Etika dapat menjadi prinsip yang mendasar bagi mahasiswa dalam menjalankan aktivitas kemahasiswaanya.
5.    Etika menjadi penuntun agar dapat bersikap sopan, santun, dan dengan etika kita bisa di cap sebagai orang baik di dalam masyarakat.

                Dikampus, biasanya sudah terdapat atau tercantum atau tertulis peraturan-peraturan yang mengatur kehidupan kampus, baik itu peraturan dalam kegiatan belajar mengajar, peraturan asrama (bila mempunyai asrama), dan lain-lain. Akan tetapi tidak semua hal tertulis dalam peraturan tersebut. Seperti hukum, hukum ada yang tertulis ada yang  tidak tertulis. Begitu pula peraturan, ada yang tertulis dan ada yang tidak tertulis, dan biasanya yang tidak tertulis inilah yang sering dilanggar
            Padahal antara yang tertulis dengan tidak tertulis sama-sama penting. Akan tetapi masih sering atau malahan terlalu sering peraturan itu dilangar. Mereka menganggap itu bukan hal formal karena tidak tertulis. Mereka sering melanggar karena mereka belum begitu mengetahui akan manfaat etika itu sendiri. Manfaat etika sangatlah banyak diantaranya (Tommy, 2014) :
1.    Akan membuat seseorang disenangi, disegani, dan dihormati orang lain 
2.    Memudahkan hubungan baik dengan orang lain sehinga melancarkan kegiatan hidup dan usaha-usaha lainnya 
3.    Memberikan keyakinan pada diri kita sendiri pada waktu menghadapi orang lain dari berbagai lapisan atau tingkatan
4.    Dapat meningkatkan citra pribadi seseorang
            Dengan kita beretika maka kita dapat diterima dilingkungan mana saja sehingga tercipta keharmonisan dan kedamaian. Dengan terciptanya suasana harmonis dan damai maka kampus akan terasa nyaman sehingga menunjang prestasi kampus tersebut.



SIMPULAN

            Hubungan etika dengan mahasiswa sangat erat kaitanya, karena dengan etika mampu mengontrol mahasiswa-mahasiswa sehingga tidak melakukan hal-hal yang mampu merugikan banyak pihak. Manfaat etika sangatlah banyak diantaranya :
1.    Akan membuat seseorang disenangi, disegani, dan dihormati orang lain 
2.    Memudahkan hubungan baik dengan orang lain sehinga melancarkan kegiatan hidup dan usaha-usaha lainnya 
3.    Memberikan keyakinan pada diri kita sendiri pada waktu menghadapi orang lain dari berbagai lapisan atau tingkatan
4.    Dapat meningkatkan citra pribadi seseorang





DAFTAR PUSTAKA

Abbas, Nurjanah Ali. 2014. Etika dalam Lingkungan Mahasiswa. Diakses Tanggal 12 Februari 2018. http://nurjannahaliabbasblogger.blogspot.co.id/2014/05/etika-dalam-lingkungan-mahasiswa.html.

Fachri, Muhammad. 2015. Etika dalam Lingkungan Mahasiswa. Diakses Tanggal 12 Februari 2018. http://muhammadfachri.blogs.uny.ac.id/2015/09/18/etika-dalam-lingkungan-mahasiswa/

Santoso, Yayan. Makalah Etika dan Norma di Kehidupan. Diakses Tanggal 12 Februari 2018. http://yayatsantoso.blogspot.co.id/2014/06/makalah-etika-dan-norma-dikehidupan.html.

Tommy. H. S. 2014. Makalah Peranan Etika Moral Akhlaq. Diakses tanggal 12 Februari 2018. http://tommyharipinsusanto.blogspot.co.id/2014/06/makalah-peranan-etika-moral-akhlaq.html

Arifin, Zainal. Makalah Peranan Etika dan Akhlak. Diakses Tanggal 12 Februari 2018 http://alfinz19.blogspot.co.id/2017/01/makalah-peranan-etika-etika-dan-akhlak.html


0   komentar

Cancel Reply
INFO

WELCOME

Selamat datang di blog saya yang sederhana ini... semoga blog ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.. " Tak ada gading yang tak retak " kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan untuk perbaikan.. Terima kasih atas kunjungan anda :D

[ About Me ]

Nama : Agung Cahya Budy

Umur : 20 Tahun

Instagram : agung_cb

Whatsapp : 085 743 800 806

Pin BBM : 587610E8